Search

Follow Us @soratemplates

Minggu, 15 Juni 2025

MODUL AJAR SISTEM PENCERNAAN

 

MODUL AJAR

STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH MAKHLUK HIDUP

“SISTEM PENCERNAAN MANUSIA”

 

  1. INFORMASI UMUM

        Identitas Modul

Nama Penyusun            : Reny Dwi Irfiana, S.Pd

Instansi             : SMP Arraudoh

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Fase/Kelas                   : D/VIII

Semester                      : 1 (Ganjil)

Alokasi waktu              : 2 x 40 menit (2 JP)

 

        Identifikasi Peserta Didik

Peserta didik reguler / fase D kelas VIII yang sebelumnya sudah di analisis profil belajarnya menggunakan asesmen diagnostik.

 

        Identifikasi Materi Pelajaran

Materi sistem pencernaan manusia termasuk dalam dimensi pengetahuan yang sangat relevan dengan kehidupan peserta didik karena berkaitan penting dengan kesehatan dan kelangsungan hidup. Sistem ini berperan dalam menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi, menyediakan energi, dan membantu tubuh untuk membuang sisa-sisa pencernaan. Memahami sistem pencernaan juga membantu dalam mencegah dan mengenali gangguan pencernaan, serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

        Dimensi Profil lulusan (Profil Pelajar Pancasila)

Ø  Berimanan dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Berakhlak Mulia

Ø  Bernalar Kritis

Ø  Gotong-royong

Ø  Kreatif

Ø  Mandiri

  1. DESAIN PEMBELAJARAN

        Capaian Pembelajaran          

Ø  Pemahaman IPA

Pada akhir fase D, peserta didik mampu melakukan analisis untuk menemukan keterkaitan sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tertentu

Ø  Keterampilan Proses

Mengkomunikasikan hasil penyelidikan secar utuh yang ditunjang dengan argumen, bahasa, serta konversi sains yang sesuai konteks penyelidikan; Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan

 

        Tujuan Pembelajaran

Ø  Peserta didik mampu menyebutkan nama-nama organ pencernaan dengan benar

Ø  Peserta didik mampu menjelaskan fungsi organ-organ pencernaan dengan baik

Ø  Peserta didik mampu menjelaskan urutan proses pencernaan makanan dengan tepat

 

        Topik Pembelajaran

Ø  Topik               : Struktur dan fungsi tubuh makhluk hidup

Ø  Sub topik         : Sistem pencernaan manusia (organ-organ pencernaan dan fungsinya)

 

        Praktik Pedagogis

Ø  Pembelajaran berbasis proyek

Ø  Diskusi kelompok

Ø  Presentasi

 

        Sarana dan Prasarana

Ø  Ruang kelas

Ø  Laptop

Ø  LCD / Proyektor

Ø  Bahan Ajar Sistem Pencernaan

Ø  LKPD Sistem Pencernaan

Ø  Jaringan Internet

Ø  Power point sistem pencernaan

 

  1. PENGALAMAN BELAJAR

        Kompetensi Awal

Peserta didik memiliki kemampuan yang harus dipahami sebelumnya tentang organ pencernaan, fungsi pencernaan, dan berbagai jenis makanan. Kompetensi awal bisa diperoleh dari pertanyaan pemantik atau bahan ajar yang telah disiapkan oleh guru.

 

        Langkah - langkah Pembelajaran

1.      Kegiatan Awal (10 menit)

a.       Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, dan menanyakan tentang kondisi kesehatan peserta didik

b.      Guru mengecek kesiapan peserta didik meliputi kebersihan kelas, kerapihan kelas dan mengecek kehadiran siswa (absensi kehadiran)

c.       Guru mengingatkan hal-hal yang menjadi kesepakatan kelas yang sudah dibuat bersama (budaya positif)

d.      Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait materi sebelumnya yaitu tentang “Zat makanan dan Zat Aditif”

e.       Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk materi pelajaran yang akan dipelajari

Ø  Anak-anak, sebelum kalian berangkat sekolah sarapan atau tidak?

Ø  Apa sih tujuan kita sarapan / makan setiap hari?

Ø  Bagian tubuh mana yang bekerja mengolah makanan dan minuman yang kita konsumsi sehingga kita memperoleh energi?

Ø  Kira-kira setiap organ pencernaan memiliki fungsi yang sama atau tidak?

f.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini

2.      Kegiatan Inti (60 menit)

a.       Guru mengelompokkan peserta didik menjadi 3 kelompok berdasarkan hasil analisis profil murid dan kemampuan literasi serta numerasi, sehingga proses mengacu pada kemampuan awal mereka (diferensiasi proses)

b.      Peserta didik diminta untuk studi literatur dengan membaca buku siswa, bahan ajar, mengingat pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, penjelasan dari guru, serta menyaksikan video pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia. Kedalaman materi menyesuaikan kemampuan awal peserta didik (diferensiasi konten)

c.       Peserta didik berdiskusi untuk menjawab LKPD yang diberikan kepada masing-masing kelompok. Peserta didik difasilitasi akses materi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan belajarnya

Ø  Peserta didik dengan kemampuan literasi belum maksimal, gaya belajar visual / audiotori dapat mengakses video pembelajaran terkait sistem pencernaan pada link berikut: https://youtu.be/666vYXyTQ24?si=G7BXOgKbPjJhWp7I atau dapat menonton video yang telah di download dari link tersebut

Ø  Peserta didik dengan  kemampuan literasi dasar sampai mahir, gaya belajar visual / kinestetik dapat belajar melalui rangkuman bahan ajar, gambar yang disediakan oleh guru di depan kelas, buku pelajaran ataupun bisa juga melalui akses video pembelajaran yang telah disediakan

d.      Peserta didik mengerjakan LKPD secara berkelompok, guru memantau pengerjaan LKPD dan menanyakan apakah ada kesulitan serta memberi solusi jika ada materi / pertanyaan yang belum dipahami

e.       Guru membimbing peserta didik untuk saling bekerjasama dalam kelompoknya

f.        Guru membimbing peserta didik untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya sesuai dengan minat / gaya belajar masing-masing  kelompok (diferensiasi produk)

g.       Guru memberikan apresiasi, umpan balik, serta penegasan terkait LKPD yang telah dikerjakan

h.       Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya jika masih ada yang kurang jelas

i.         Guru memberikan soal evaluasi untuk peserta didik yang dikerjakan secara mandiri

3.      Kegiatan Penutup (10 menit)

a.       Guru bersama peserta didik membuat catatan dan kesimpulan dari hasil pembelajaran

b.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi, apa yang telah dicapai dan apa yang belum dicapai sesuai dengan tujuan pembelajaran, dengan mengajukan beberapa pertanyaan:

v  Refleksi Guru

Ø  Adakah kendala / kesulitan saat guru melaksanakan pembelajaran?

Ø  Bagaimana cara guru mengatasi kendala / kesulitan dalam pembelajaran tersebut?

Ø  Jika tujuan pembelajaran belum tercapai, langkah apa yang akan guru ambil untuk saran perbaikan dalam pembelajaran yang akan datang?

v  Refleksi Peserta didik

Ø  Bagaimana perasaan kalian setelah mengikuti pembelajaran hari ini?

Ø  Hal apa yang menarik dari pembelajaran hari ini?

Ø  Apa harapan kalian untuk pembelajaran berikutnya?

c.       Guru menyampaikan materi untuk pertemuan selanjutnya yaitu gangguan pada sistem pencernaan

d.      Guru menyampaikan pesan moral dari pembelajaran hari ini dan permintaan maaf antar guru dan peserta didik

e.       Kegiatan diakhiri dengan berdoa bersama dan menyampaikan salam penutup

 

        Asesmen Pembelajaran

Ø  Asesmen awal / asesmen diagnostik

-         Pertanyaan pemantik

-         Tes asesmen awal menggunakan google form untuk mengetahui profil belajar murid berdasarkan kemampuan literasi numerasi dan gaya belajarnya

Ø  Asesmen formatif

-         Dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung memakai lembar amatan / rubrik observasi peserta didik

Ø  Asesmen sumatif

-         Hasil kerja LKPD

-         Presentasi LKPD

-         Latihan soal evaluasi mengenai organ pencernaan dan fungsinya

 

    D.            REMIDIAL DAN PENGAYAAN

Ø  Remidial

Memberikan remedial bagi murid yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan dengan memberikan latihan soal dengan materi sama, level yang sama tetapi dalam bentuk soal yang berbeda

Ø  Pengayaan

Memberikan kegiatan pengayaan bagi murid yang melebihi target pencapaian kompetensi dengan memberikan latihan soal dengan materi yang sama tetapi level soal yang berbeda (lebih tinggi)

 

     E.            LAMPIRAN

·        Instrumen Pemetaan Peserta Didik (Asesmen Diagnostik)

·        Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

·        Bahan Ajar Sistem Pencernaan

·        Lembar Latihan Soal Tertulis (Asesmen Sumatif)

·        Rubrik Penilaian Sikap (Asesmen Formatif)

 

 

Sempu, 13 Juni 2025

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Mata Pelajaran IPA

 

 

 

Supriyadi, S.Ag                                                                                  Reny Dwi Irfiana, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar