Search

Follow Us @soratemplates

Jumat, 01 Februari 2019

Prinsip SMART, Cara Membuat Resolusi 2019



Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu! pun bagi saya untuk memulai menulis (lagi) setelah sekian lama vakum. Jujur niat sudah ada sejak lama ingin mengisi lagi blog ini, tetapi selalu saja dikalahkan oleh rasa malas. Semoga niat baik akan berakhir baik pula nantinya. Bismillah, tulisan perdana saya di awal bulan ini semoga bisa mengantarkan saya untuk lebih konsisten belajar, utamanya belajar menulis (maaf kepanjangan curhatnya hehe).

2019
Tak terasa sudah genap satu bulan kita lalui di tahun 2019 ini, rasanya seperti baru kemarin saja merayakan awal tahun baru, eh tiba-tiba kok sudah sebulan aja sihh. Waktu berlalu begitu cepatnya, hingga rasanya saya hampir ketinggalan. Tetapi meski begitu, bagi saya tidak ada kata terlambat untuk memulai, pun membuat resolusi untuk tahun 2019 ini. Hari ini 1 Februari 2019, mengawali bulan baru di tahun yang baru ini, yokk kita sama-sama bikin resolusi baru (buat yang belum bikin) dan yokk kita perbaiki dan tambah resolusi kita (bagi yang sudah punya resolusi).

Saya akan awali dengan pengertian resolusi. Apa sih resolusi itu?? bagi saya resolusi adalah ‘hope’ atau harapan, harapan yang harus kita wujudkan menjadi kenyataan, sehingga bukan hanya jadi wacanya saja nantinya. Tetapi seringkali resolusi hanya sekedar resolusi belaka dan kadang hilang begitu saja tanpa ada wujudnya (semacam formalitas awal tahunan saja).

Lantas bagaimana supaya resolusi tak hanya wacana?? ya diwujudkan (melalui usaha, kerja keras, dan diiringi dengan doa). Tetapi ternyata di samping itu semua, ada satu hal sederhana yang juga jadi penentu keberhasilan resolusi kita. Apa itu?? yakni cara kita menuliskan resolusi itu.

Menurut sumber-sumber yang pernah saya baca dan video yang saya tonton di youtube, alasan resolusi kita jarang terwujud adalah karena kesalahan kita menuliskannya. Kok bisa, lalu bagaimana sih caranya membuat resolusi yang benar?? Nah, salah satu kunci supaya resolusi kita dapat menjadi kenyataan adalah tulis lah resolusi kalian dengan tepat dan detail.

Masih bingung gimana maksutnya??
Jadi begini, menurut yang saya rangkum dari video kak Arry Rahmawan (bisa tonton disini), untuk membuat resolusi yang baik itu ada yang namanya prinsip 'SMART'. Apa itu prinsip SMART??
S= Spesifik, resolusi kita harus jelas. Misal, ingin mendapatkan IP 3,5.
M= Measurable, resolusi kita terukur. Jadi tidak asal-asalan Saja ingin dapat IP 3,5 tetapi kita juga harus dapat mengukur kemampuan kita. Misal, semester lalu kita berhasil menaikkan IP sebesar 0,5.
A= Achievable, pencapaian yang pernah kita capai. Misal dari keinginan IP 3,5 tadi, kita dapat mengukur kemampuan kita dengan melihat IP kita di semester sebelumnya. Misal, IP di semester sebelumnya 3,45 (masih memungkinkan untuk mencapai IP 3,5)
R= Realistik, Sesuaikan dengan kondisi kita. Misal kita udah lihat catatan perjalanan kita di semester sebelumnya (memungkinkan atau tidak mencapai target yang kita inginkan, jika memungkinkan silahkan lanjutkan) intinya jangan muluk-muluk membuat resolusi. Kalau sudah sesuai, langkah selanjutnya adalah tentukan bagaimana cara atau strateginya supaya dapat mencapai target tersebut. Misal dengan menambah jam belajar selama 2 jam pehari.
T= Time limit, beri batas waktu. Biasanya kita akan lebih semangat kalau ada deadline, jadi kita tidak terlalu bersantai hingga lupa waktu. Misal ingin dapat IP 3,5, ingin dapatnya itu kapan, kita kasih contoh di semester 3 (harus jelas waktunya).

Kalau di rangkum menggunakan prinsip SMART di atas kurang lebih jadi seperti ini resolusinya:
‘Saya ingin mendapatkan IP 3,5 di semester 3 dengan cara menambah jam belajar 2 jam perhari. Semester lalu IP saya meningkat sebesar 0,5, semester ini saya pasti bisa meraih target saya’.

Nah kurang lebih seperti itu rumusnya ya teman-teman dalam membuat resolusi atau target hidup yang baik menurut kak Arry Rahmawan. Semangat semoga semua yang kita targetkan di tahun ini dapat terwujud.. aamiin.

Disini saya akan berbagi sedikit target yang ingin saya wujudkan di tahun 2019 ini sebagai contoh hehe, sebagai pengingat dan penyemangat juga sihh kalau nantinya saya lagi down atau merasa kehilangan semangat. Mau tahu gak nihh?? (gamau tau juga gapapa hehe) Langsung aja dah yaa..
Yang pertama, Saya ingin SIDANG SKRIPSI sebelum hari raya Idul Fitri dengan cara harus rajin bimbingan (min. seminggu sekali) dan rajin mengerjakan revisian (min. 1 jam setiap hari) serta tidak boleh malas melakukan penelitian.
Yang kedua, Saya ingin AKTIF NGEBLOG (lagi) tahun ini dengan cara harus posting tulisan min 2x dalam satu bulan (kalo bisa setiap minggu 1 tulisan).

Saya kira cukup itu dulu yang dapat saya sampaikan ya teman-teman, semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ada kekurangan (karena masih baru mau belajar nulis lagi yang baik dan benar). Silahkan bagi yang mau memberi kritik dan saran atau sekedar menyapa, boleh tinggalkan pesan di kolom komentar.
Terimakasih J



2 komentar: