Search

Follow Us @soratemplates

Senin, 14 Maret 2016

Tips Menghadapi Ujian, Test atau Kuis


Kali ini saya akan berbagi mengenai tips menghadapi ujian, test atau kuis. Sebagai seorang mahasiswa tentunya kalian tidak asing lagi apabila mendengar kata ujian, test atau kuis, sebab hampir tiap mata kuliah pasti ada test atau kuis, ujian dan semacamnya. lalu bagaimana tips supaya dapat mengahadi kuis atau ujian dengan lancar??  tipsnya adalah 3B

          Yang pertama adalah belajar, jika sudah diberitahu minggu depan akan ada kuis maka usahakan seminggu itu manfaatkan waktu untuk belajar, paling tidak dalam seminggu itu tiga kali belajar. Untuk dosen yang biasanya suka mengadakan kuis dadakan, maka rutinitas belajar sangat dibutuhkan, untuk itu kalian harus setia belajar tiap hari untuk menghadapi kuis dadakan itu.
            Yang kedua adalah berusaha, segetol apapun kalian belajar kalau dalam pengerjaannya kalian gak mau usaha atau asal-asalan menjawab ya tamatlah riwayat kalian. Belajar akan jadi sia-sia dan nilai pun bisa jadi tidak sesuai yang diharapkan. Maka dari itu, setelah belajar bersungguh-sungguh berusahalah untuk mengerjakan soal sebaik mungkin yang kalian bisa, percaya pada kemampuan diri sendiri dan usahakan untuk selalu bersikap jujur. Karena kejujuran adalah kunci utama sebuah kesuksesan, percuma kalau kalian dapat nilai bagus tapi hasil nyontek sama saja dengan nol. Kejujuran itu penting dan mahal harganya dan hanya diri kalian sendiri lah yang mampu untuk mengontrol itu.
            Yang terakhir setelah belajar dan berusaha adalah berdoa dan tawakal, karena seseungguhnya segala takdir yang menentukan adalah Allah swt. Jika kita sudah merasa belajar dengan baik berusaha sekuat mungkin yang selanjutnya adalah tinggal kita berdoa kepada Allah swt memohon hasil yang terbaik yang sesuai dengan apa yang kita lakukan, jika masih merasa gelisah terhadap hasil yang akan dicapai maka bertawakal lah kepada yang Maha Pemberi Takdir, sebab hanya Dia lah sebaik-baik penentu takdir bagi setiap manusia.
            Jika pada akahirnya nanti hasil yang kalian dapat tidak sesuai dengan apa yang  kalian harapkan, maka jangan bersedih. Sebab pada hakikatnya Allah itu Maha Tahu apa yang terbaik bagi setiap hamba-Nya dan Dia selalu memberikan apa yang kita butuhkan dan bukan apa yang kita inginkan, karena sesungguhnya boleh jadi yang baik menurut kita tidak baik menurut Allah. Jadi sekali lagi, pasrahkan lah hasilnya hanya kepada Allah melalui doa dan tawakal. Tetap semangat dan yakin bahwa suatu saat akan ada hal yang lebih baik yang akan ditakdirkan untuk kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar